Batu akik ini bernama batu seram !!

Batu akik ini bernama batu seram !!: Demam permata yang melanda semuanya kawasan Indonesia tak kunjung mereda. Setelah batu Bacan yang berasal dari Pulau Kasiruta, Maluku Utara gaduh diperbincangkan, kini masyarakat Ambon memiliki primadona baru yakni, Batu seram yang berasal dari Dusun Eli, Desa Luhu, Kabupaten seram bagian Barat, Maluku.

Mansur, salah seorang pedagang mengatakan, Batu angker digandrungi masyarakat sebab harganya yang cukup murah. Buat satu bongkahnya dijual sekira Rp30 ribu, dan dalam satu hari dia bisa menjual 10 bongkah.

Batu seram!!!!Dia menambahkan, dari satu bongkahan batu bisa dipotong membuat enam hingga delapan cuilan dengan harga yang lumayan tinggi demi satu buahnya. “apabila batu yang sudah diproses jadi mainan perhiasan tangan harganya Rp300 ribu per buah sedangkan yang sudah dipasang di mainan perhiasan lengan harganya berkisar antara Rp500 ribu sampai-sampai Rp600 ribu per perhiasan tangan, tergantung ukuran,” ujarnya.

Mansur pun menjelaskan, memakai biaya pemotongan serta penggosokan yang terbilang murah. “Mereka lebih senang corak bongkah gara-gara di lokasi ini langsung bisa dipotong serta dicuci Menjadi mainan perhiasan tangan dengan harga Rp20 ribu sampai Rp25 ribu per buah perhiasan lengan,” katanya.

Selain batu asam Pulau menyeramkan, batu yang berasal dari Pulau Oby, Maluku Utara jua mendapat perhatian sebab harganya yang bersaing.

Rahman diantara pedagang batu lainnya mengatakan, demi tipe batu Oby berskala 4 cm x 4 cm bisa dipotong membuat lebih dari satu bagian. “andaikan kapasitas ini, saudara tertua potong dengan tepat maka bisa menghasilkan enam buah batu perhiasan tangan,� katanya.

Dia mengatakan untuk pemotongan dan penggosokannya juga bisa dilakukan di tempat. �berlimpah orang membeli yang masih bentuk batu bongkah sebab di Ambon sudah ada tukang penggal sekaligus menggosoknya menjelma berbagai macam patokan perhiasan lengan tergantung selera,” terangnya.

Makin lanjut Rahman menjelaskan, meskipun bakal pemotongan serta penggosokan satu buah batu dikenakan biaya Rp25 ribu, tapi setelahnya bisa dibanderol sekira Rp50 ribu hingga Rp70 ribu, tergantung selera serta coraknya.

Transaksi jual-beli permata di Ambon gaduh di kawasan tengah kota, lazimnya pembeli mengerumuni pedagang yang berada di sisi kiri & kanan jalan terbilang. Penghasilan yang diperoleh oleh setiap pedangan cukup menggiurkan.

“saya sudah berjualan semenjak dua bulan yang maka & meraup keuntungan yang cukup menggembirakan, dalam sehari batu yang terjual, baik masih motif batu maupun hiasan bisa menggapai Rp2 juta sampai Rp3 juta.

Info menarik lainnya:

  1. Khasiat batu kucubung
  2. Harga Batu Lavender
  3. Batu Bacan Merah
  4. Harga Batu Giok
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s